Diagram Activity

Penutupan sementara dapat terjadi karena beberapa hal antara lain:

  1. Pelanggan tidak membayar tagihan rekening air dari batas akhir pembayaran yang telah ditentukan oleh perusahaan (tunggakan).

Apabila pelanggan tidak membayar tagihan rekening air dari batas akhir pembayaran yang telah ditentukan perusahaan yaitu tanggal 20 setiap bulan, maka petugas berhak mendatangi pelanggan dengan membawa SPK yang ditanda tangani oleh pejabat terkait untuk melaksankan tugas pemutusan sementara.

  1. Atas permintaan pelanggan.

Dalam hal atas permintaan pelanggan biasanya terjadi karena beberapa hal antara lain pelanggan menggunakan air sumur atauĀ  yang lain, air tidak mengalir karena gangguan teknis dalam kurun waktu yang lama, karena pelanggan tidak menghuni rumah tempat terdapat sambungan tersebut sehingga pemakaian air selalu nol maupun sebab lainnya yang mengakibatkan pelanggan mengajukan penutupan.

Selama kondisi penutupan sementara, pelanggan tidak berkewajiban untuk membayar tagihan rekening air hingga pelanggan mengajukan pembukaan kembali sambungan tersebut.

Adapun prosedur penutupan sementara adalah sebagai berikut:

  1. Penutupan Sementara akibat tunggakan
  2. Dari Bagian keuangan mengirim data kepada Bagian Langganan mengenai pelanggan yang memiliki tunggakan sampai batas waktu yang ditentukan dan harus dilakukan penutupan sementara.
  3. Bagian Langganan menindaklanjuti dan meneruskan ke Bagian Teknik/Distribusi agar diterbitkan SPK penutupan sementara.
  4. Petugas mendatangi rumah pelanggan untuk mengeksekusi (melaksanakan penutupan sementara).
  5. Petugas melaporkan ke bagian Langganan untuk dilaksanakan penutupan data base pelanggan aktif.
  6. Atas permintaan pelanggan.
  7. Pelanggan datang ke kantor di Bagian Langganan melaporkan untuk dilakukan penutupan sementara.
  8. Bagian Langganan menindaklanjuti dan meneruskan ke Bagian Teknik/Distribusi agar diterbitkan SPK penutupan sementara.
  9. Petugas mendatangi rumah pelanggan untuk mengeksekusi (melaksanakan penutupan sementara).

Petugas melaporkan ke bagian Langganan untuk dilaksanakan penutupan data base pelanggan aktif.

Keluhan Pelanggan ? Hubungi Kami